Alphablopho (Wonosobo)

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan dataran tinggi Dieng dan legenda rambut gimbalnya. Namun, kini Wonosobo juga mempunyai kebanggan selain Dieng dan legenda rambut gimbalnya, yaitu mulai banyaknya reggae mania di Wonosobo. Salah satu band reggae potensial dari Wonosobo adalah Alphablopho.


Alphablopho mereka ambil dari nama sebuah legenda reggae asal Pantai Gading, yaitu Alpha Blondy. Band yang berdiri pada 17 Agustus 2008 ini menyebut musik mereka sebagai “Modern Roots Reggae”, yaitu kombinasi Roots Reggae, Bossanova, Jazz, dan warna musik lainnya. Robert Nesta Marley, Alpha Blondy, Tony Q Rastafara, Mbah Surip adalah sebagian musisi yang menjadi panutan mereka dalam bermusik.


Band ini memiliki formasi Iponk (Vokal), Satria (Gitar), Dave (Gitar), Dyo (Bass), Widanta (Keyboard), Verza (Drum), Yogo dan Riky (Djimbe), serta Ivan (Perkusi). Mengenai album, band ini hingga kini belum memiliki album. Akan tetapi sudah ada beberapa lagu yang mereka ciptakan. Sebut saja Untuk Dia, Bocah Gimbal, Pejuang Hidup, dan Inilah Cinta. Patut kita tunggu debut album dari band ini tentunya.
Bagi anda yang ingin mengenal band ini lebih lanjut, bisa menghubungi AB Management di Jalan Kyai Kali 09 Kaliwiro (SBP Fm) Wonosobo. Atau bisa menghubungi Gus Latief (081327427972), Ifull (08529 2222215)  dan juga Rizal (08562888884). Atau bisa melihat Facebook dan juga Situs mereka