Saestu (Semarang)

Saestu adalah band indie asal Semarang, Jawa Tengah yang berdiri pada pertengahan tahun 2006 dan bergenre suka-suka reggae yang maksudnya adalah bermusik mereka dijalur Jamaican music (reggae) dengan inspirasi datang tak terduga, inspirasi yang tak terbatas, datang dari mana saja dan tetap fokus dalam bermusik.



Influence bermusik mereka adalah Bob Marley dan para musisi-musisi reggae di seluruh pelosok dunia. Saestu sendiri diambil dari bahasa Jawa dengan arti "Yakin", yakin dalam bermusik yang kuat, yakin dengan apa yang dilakukan, yakin dengan musik yang mereka mainkan, yakin tujuan dengan bermusik mereka dan yakin dengan komitmen yang mereka jalani sekarang dan hingga saat ini. 



Pembentukan Saestu berasal dari teman-teman hang out, keintiman dibuat bila mereka mulai berbicara tentang musik, dari percakapan itu juga terbentuk Saestu. "Mengapa hanya nongkrong jika kita bisa memainkan musik". Kebiasaan mereka hang out, pindah dari jalan ke studio musik, dari kebiasaan itu kemudian mereka menciptakan beberapa lagu dengan kekompakan yang mereka sebut SAESTU.

Saat ini mereka telah sukses record 9 lagu baru pada akhir 2008 dan telah 2 album yang mereka buat. Saestu mulai mendapatkan nama diperkancahan reggae Semarang dimulai dengan hits single mereka Scooter. Dan hingga kini masih aktif manggung di tiap-tiap daerah Kota Semarang dan luar kota daerah Jawa Tengah.